Loader Icon
live aman bg

Yuk Jaga Kesehatan Mata!

Yuk Jaga Kesehatan Mata!

Credit [Image by Freepik]

  • Updated on 15 Agu 2023
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Penglihatan adalah salah satu indera yang paling berharga bagi manusia. Namun, seringkali kita mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan mata dan kesehatan penglihatan yang optimal dalam rutinitas perawatan kesehatan kita. Kesadaran akan pentingnya perawatan mata sangat penting untuk mencegah masalah penglihatan dan memastikan bahwa kita dapat menikmati dunia dengan penglihatan yang baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara praktis untuk menjaga kesehatan mata dan kesehatan penglihatan kita.

Menjaga Pola Makan Sehat

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, dan mineral seperti seng dan selenium dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Beberapa contoh makanan yang baik untuk mata adalah wortel, brokoli, bayam, jeruk, ikan salmon, dan kacang-kacangan. Pastikan untuk menyertakan makanan ini dalam pola makan sehari-hari kamu.

Lindungi Mata dari Sinar Matahari

Paparan berlebihan terhadap sinar ultraviolet (UV) dapat merusak mata kita dan meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Ketika kamu berada di luar ruangan, selalu gunakan kacamata hitam yang melindungi dari sinar UV dan memilih kacamata yang memiliki perlindungan UV 100%.

Juga, gunakan topi atau payung untuk menambah perlindungan tambahan terhadap sinar matahari.

Baca Juga Yuk Kenali Tipe Tipe Kacamata

Jaga Kebersihan Mata

Membersihkan mata dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan mata. Cuci tangan sebelum menyentuh mata kamu, terutama sebelum memasang atau melepas lensa kontak.

Gunakan air bersih atau larutan khusus yang direkomendasikan oleh dokter mata untuk membersihkan mata dan lensa kontak. Hindari menggosok mata dengan keras, karena hal ini dapat menyebabkan iritasi atau infeksi.

Istirahat Mata Secara Teratur

Mata kita seringkali terpapar oleh layar komputer, smartphone, atau tablet sepanjang hari. Ini dapat menyebabkan kelelahan mata, ketegangan, dan penglihatan yang buruk. Penting untuk mengambil istirahat secara teratur dengan melihat jauh dari layar dan berkedip secara aktif untuk menjaga mata tetap lembab.

Selain itu, praktikkan aturan “20-20-20”, di mana setiap 20 menit Anda melihat jauh selama 20 detik ke objek yang berjarak sekitar 20 kaki.

Baca Juga : Mau Mata Sehat? Ikuti Aturan 20-20-20!

Periksa Mata Secara Rutin

Pemeriksaan mata rutin oleh dokter mata adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan mata. Dokter mata dapat mendeteksi masalah mata sedini mungkin, memberikan pengobatan yang diperlukan, dan memberikan nasihat tentang perawatan mata yang tepat.

Meskipun kamu merasa penglihatanmu baik-baik saja, pemeriksaan mata rutin tetap dianjurkan untuk menjaga penglihatan dan mencegah masalah yang tidak terdeteksi.

Baca Juga : Halo AmanVista!

Hindari Merokok

Merokok tidak hanya buruk untuk kesehatan umum, tetapi juga dapat merusak mata. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko penyakit mata serius seperti degenerasi makula, katarak, dan kerusakan saraf optik. Jadi, jika kamu merokok, pertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan ini demi kesehatan mata kamu.


Menjaga kesehatan mata dan kesehatan penglihatan yang optimal membutuhkan perhatian dan perawatan yang tepat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menjaga mata kamu dalam kondisi terbaik. Tetaplah sadar akan kesehatan mata dan jangan ragu untuk menghubungi dokter mata jika kamu mengalami gejala atau perubahan pada penglihatanmu.


Apakah kamu tahu? Aplikasi Aman dapat menangani persoalan kesehatan mata seperti rabun jauh atau rabun dekat dengan AmanVista. AmanVista merupakan layanan optometri digital yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemeriksaan mata dan mendapatkan resep kacamata secara instan melalui aplikasi Aman.

Pemeriksaan Mata Online dengan AmanVista di Aplikasi Aman

Selain menikmati layanan AmanVista, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai macam tunjangan kesehatan dari Aman, khususnya untuk para karyawan di perusahaanmu. Tunggu apalagi, download aplikasi Aman di Google Play Store and IOS App Store dan periksa mata kamu dengan AmanVista


×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar