Loader Icon
live aman bg

Penyebab Mata Lelah, Gejala, dan Tips Mengatasi

Penyebab Mata Lelah, Gejala, dan Tips Mengatasi

Credit [Photo by christopher lemercier on Unsplash ]

  • Updated on 15 Agu 2023
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Mata lelah adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama dalam era digital ini di mana penggunaan komputer dan gadget menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mata yang lelah dapat menyebabkan ketidaknyamanan, penglihatan kabur, dan bahkan sakit kepala.

Penyebab utama mata lelah adalah penggunaan yang berlebihan dan tegangnya otot-otot mata, penyebabnya bisa karena menonton online dalam waktu lama, mengemudi dalam waktu lama, kurang tidur, resep kacamata yang buruk, dan kelelahan yang ekstrim.

Baca juga 5 Dampak Positif Olahraga untuk Meningkatkan Kinerja Kerja

Gejala Mata Lelah

Mata terasa sakit, lelah, terbakar, atau gatal, mata berair atau kering, penglihatan kabur atau ganda, sakit kepala, sakit leher, bahu, atau punggung, peningkatan kepekaan terhadap cahaya, sulit berkonsentrasi, dan perasaan bahwa kamu tidak dapat membuka matamu.

Tips Mengatasi Mata Lelah

Salah satu tips terbaik untuk mengurangi mata lelah adalah memberikan waktu istirahat yang cukup bagi mata kamu. Berikan jeda setiap 20-30 menit saat bekerja di depan komputer atau menggunakan gadget. Selama jeda ini, cobalah melihat ke arah yang berbeda dan fokus pada objek yang jauh untuk merelaksasi otot-otot mata.

Selain itu, latihan mata juga bisa menjadi solusi efektif. Latihan sederhana seperti melihat ke kiri dan kanan, ke atas dan ke bawah, serta berkedip secara cepat dapat membantu memperkuat otot-otot mata dan mengurangi kelelahan. Latihan ini bisa dilakukan setiap beberapa jam untuk memberikan kesegaran pada mata kamu.

Vitamin untuk Mengatasi Mata Lelah

Tak hanya itu, asupan nutrisi yang seimbang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin untuk mata lelah, konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin A, C, dan E, serta zat besi dan omega-3. Buah-buahan, sayuran hijau, ikan berlemak, dan kacang-kacangan adalah contoh makanan sehat yang baik untuk mata kamu. Selain itu, pastikan kamu cukup minum air putih setiap hari agar mata tetap terhidrasi dengan baik.

Baca juga Pentingnya Vitamin untuk Kesehatan: Jenis, Fungsi, Sumber, dan Kekurangan Vitamin

Selain langkah-langkah di atas, pastikan juga kamu memiliki pencahayaan yang cukup saat bekerja atau membaca. Gunakan cahaya alami sebanyak mungkin dan hindari paparan langsung terhadap sinar matahari yang terlalu terang. Jika perlu, gunakan pencahayaan tambahan seperti lampu meja yang memberikan cahaya yang cukup, tetapi tidak terlalu menyilaukan.

Dengan mengikuti tips-tips ini dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan, kamu dapat mengurangi risiko mata lelah dan meningkatkan kenyamanan saat menggunakan komputer atau gadget. Tetaplah memperhatikan tanda-tanda mata lelah dan beri mata kamu istirahat yang cukup. Jaga kesehatan mata kamu agar tetap segar dan nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Kapan Perlu Memeriksa Kondisi Mata ke Dokter

Jika langkah perawatan diri tidak meredakan kelelahan mata kamu, segera temui dokter spesialis mata. Jika kamu mengalami sakit kepala atau masalah lain seperti mata tidak nyaman, penglihatan ganda, atau perubahan besar dalam penglihatan, sangat penting untuk menemui dokter.

Karena mata lelah bisa menjadi gejala kalau ada kondisi mata yang perlu diperiksa lebih jauh. Meskipun mata lelah biasanya disebabkan oleh penggunaan mata yang intens, seperti waktu menatap layar atau mengemudi dalam waktu lama, mata lelah juga dapat disebabkan oleh masalah penglihatan yang mendasarinya seperti astigmatisme atau rabun jauh.

Dalam beberapa kasus, kelelahan mata dapat mengindikasikan kondisi mata yang mendasarinya yang memerlukan perawatan. Jika kamu mengalami masalah mata berulang atau memburuk, penting untuk menemui dokter mata atau spesialis mata untuk menentukan apakah ada kondisi mendasar yang perlu ditangani.

Baca juga BPJS dan Faskes 1

Apa kamu tahu kalau di dalam Aman APP, kamu dapat mencari optik dengan lebih mudah? Kita memiliki fitur ‘Cari Fasilitas Kesehatan’ yang akan otomatis mendeteksi fasilitas-fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau klinik dengan jarak terdekat dengan lokasimu, yang tentu saja juga termasuk laboratorium, apotik, dental, dan optik.

Cari Fasilitas Kesehatan, Search Healthcare Facilities

Aman adalah platform digital untuk tunjangan kesehatan karyawan atau employee benefits, dimana kamu bisa memilih, membeli, dan mengelola asuransi kesehatan berupa pendaftaran tunjangan, pemantauan klaim, serta pelaporan analitik. Ada berbagai contoh asuransi kesehatan dan produk layanan Aman yang bisa kamu gunakan, misalnya AmanCheck, untuk mengantisipasi pencegahan berbagai risiko penyakit dan diagnostik. 

Dapatkan informasi lebih lengkap dengan mengunjungi halaman bantuan pada laman kami atau berkonsultasi langsung melalui WhatsApp. Yuk, jaga kesehatan kamu dan keluarga bersama Aman!


×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar