Loader Icon
live aman bg

7 Jenis Risiko yang Dapat Diasuransikan, Kamu Wajib Tahu!

7 Jenis Risiko yang Dapat Diasuransikan, Kamu Wajib Tahu!
  • Updated on 15 Agu 2023
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Saat menggunakan asuransi, ada banyak jenis risiko yang dapat diasuransikan. Dan pada umumnya, risiko-risiko tersebut merupakan kejadian yang bersifat di luar kesengajaan.

Ternyata, risiko yang dapat diasuransikan tidak hanya itu, lho. Masih ada beberapa jenis risiko lain yang juga bisa dijamin oleh perusahaan asuransi.

Artikel kali ini akan membahas beberapa risiko yang dapat diasuransikan dan contohnya. Penasaran? Langsung simak pembahasannya berikut ini!

Jenis Risiko yang Dapat Diasuransikan

Meskipun pada dasarnya asuransi berfungsi untuk meminimalisir risiko kerugian, kamu perlu tahu apa saja risiko-risiko yang dapat diasuransikan. 

Langsung saja, cek penjelasan tentang jenis dan karakteristik risiko yang dapat diasuransikan berikut ini!

1. Risiko Kesehatan

Risiko kesehatan merupakan salah satu contoh risiko yang dapat diasuransikan. 

Itu sebabnya banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk asuransi kesehatan yang memiliki banyak manfaat.

Saat kamu sakit, seluruh biaya pengobatan kamu dapat ditanggung secara penuh oleh asuransi. 

Akan tetapi, layanan kesehatan yang kamu dapatkan juga setara dengan nominal premi yang dibayarkan setiap bulannya.

Salah satu bentuk asuransi kesehatan yang paling umum digunakan adalah BPJS kesehatan. 

Seperti yang kamu tahu, nasabah yang membayar premi kelas 2 akan mendapatkan jenis layanan yang berbeda dengan nasabah yang membayarkan premi kelas 1.

2. Risiko Kecelakaan

Salah satu contoh risiko yang dapat diasuransikan adalah risiko kecelakaan. Tentu saja, tidak ada yang menghendaki terjadinya kecelakaan, terutama saat karyawan sedang bekerja.

Maka dari itu, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kecelakaan kerja untuk para karyawan.

Biaya perawatan pasca kecelakaan pun dapat dibebankan sepenuhnya pada perusahaan asuransi.

Selain itu, ketika seorang nasabah meninggal akibat kecelakaan, pihak asuransi akan memberikan dana bantuan untuk keluarga yang ditinggalkan.

3. Risiko Kerugian yang Tidak Bersifat Katastropis

Kerugian tidak bersifat katastropis terhadap penanggung, atau perusahaan asuransi, merupakan salah satu kriteria risiko yang dapat diasuransikan. 

Dengan kata lain, asuransi dapat diklaim dengan catatan penanggungannya tidak membuat perusahaan asuransi menjadi jatuh, atau bahkan mengalami kebangkrutan.

Misalnya, ketika seorang nasabah ingin mengklaim asuransi akibat risiko bencana alam gempa bumi, sedangkan rumah nasabah tersebut hanya berjarak 2 kilometer dari gunung berapi yang masih aktif.

Dalam kasus ini, kemungkinan perusahaan untuk mengeluarkan ganti rugi sangatlah kecil. Mengapa demikian?

Sebab, perusahaan asuransi juga memiliki batasan yang mengharuskan penanggungan kerugian tidak lebih besar dibanding kondisi keuangan perusahaan tersebut.

4. Risiko Kerugian yang Bersifat Nyata

Risiko kerugian yang bersifat nyata menjadi salah satu syarat risiko yang dapat diasuransikan, terutama dalam hal waktu dan jumlah. 

Dengan kata lain, perusahaan asuransi harus bisa menentukan kapan harus membayar klaim kepada pemegang polis, serta berapa banyak jumlah yang harus dibayarkan.

Misalnya, jika tertanggung telah meninggal dunia, pihak perusahaan asuransi hanya bisa memberikan dana pertanggungan sesuai dengan yang tertera di polis, tanpa bisa menghidupkan kembali sang tertanggung yang telah meninggal.

Besarnya dana pertanggungan pun disesuaikan dengan kesepakatan antara penanggung dan tertanggung yang tertulis di polis asuransi.

Besar atau kecilnya biaya pertanggungan juga disesuaikan dengan nominal premi yang dibayarkan oleh tertanggung setiap bulannya.

5. Risiko Kerugian yang Bersifat Kebetulan

Salah satu kriteria risiko yang dapat diasuransikan adalah risiko yang bersifat kebetulan. Artinya, risiko tersebut menyebabkan kerugian yang diakibatkan oleh kejadian tidak terduga.

Misalnya, ketika nasabah tiba-tiba terkena serangan jantung dan harus menjalani perawatan di rumah sakit, biaya perawatannya pun dapat dijamin oleh pihak asuransi.

Sebab, serangan jantung merupakan salah satu bentuk kejadian tak terduga yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Begitupun dengan penyakit lain, hal ini juga dapat dijamin oleh perusahaan asuransi, karena sakit merupakan kejadian yang sulit untuk disengajakan.

Maka dari itu, asuransi bisa membuat kamu sedikit lebih tenang, karena kamu tidak perlu mengkhawatirkan biaya pengobatan di saat kamu sedang sakit.

6. Risiko yang Dapat Dinilai dengan Uang

Risiko yang dapat dinilai dengan uang juga merupakan salah satu jenis risiko yang dapat diasuransikan.

Pada dasarnya, perusahaan asuransi menawarkan jaminan berupa dana yang dapat dibayarkan sesuai kebutuhan nasabah, misalnya untuk pengobatan di rumah sakit.

Nilai sentimentil dalam asuransi pun harus dapat diubah dan dinyatakan dalam nilai uang. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, layanan jaminan biaya yang ditawarkan oleh asuransi ini disesuaikan dengan premi yang dibayarkan oleh tertanggung pada setiap bulannya.

7. Jenis Risiko yang Sama (Homogenous Exposures)

Kriteria risiko yang dapat diasuransikan selanjutnya adalah jenis risiko yang sama. Dengan kata lain, risiko yang menimbulkan kerugian harus sama dalam jumlah besar. 

Hal ini penting bagi perusahaan asuransi, supaya mereka dapat mengukur risiko berdasarkan probabilitas dan statistik pengalaman masa lalu. 

Misalnya jika risiko yang sama hanya berjumlah di bawah 5, maka kontribusi atau preminya menjadi besar.

Sedangkan jika eksposurnya semakin banyak, maka nilai kontribusinya menjadi semakin kecil. 

Misalnya, risiko berupa kerusakan lukisan asli Monalisa. Karena jumlah lukisan asli Monalisa hanya satu di dunia, maka kasus ini termasuk dalam kategori risiko yang tidak dapat diasuransikan. 

Sebab, lukisan Monalisa yang hanya ada satu di dunia, membuat pihak asuransi tidak memiliki pedoman dalam mengukur nilai atau harga dari kerugian yang dialami. 

Demikianlah pembahasan mengenai risiko-risiko yang dapat diasuransikan. Ternyata, banyak sekali jenis risiko yang dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi, ya!

Nggak perlu ragu lagi buat mendaftarkan dirimu menjadi peserta asuransi. Yuk, cari layanan asuransi sesuai kebutuhan dengan mudah lewat one-stop platform dari Aman.

Gabung jadi AmaZens juga memungkinkan kamu untuk menemukan segala layanan kesehatan dengan mudah, dan tentunya tanpa ribet. 

Kunjungi website utama kami atau hubungi Official WhatsApp Aman untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Aman!

×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar