Loader Icon
live aman bg

Apa Itu Premi Kompetitif & Bagaimana Aman Dapat Membantu

Apa Itu Premi Kompetitif & Bagaimana Aman Dapat Membantu

Credit [Photo by engin akyurt on Unsplash ]

  • Updated on 16 Agu 2023
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang asuransi premi kompetitif tapi tahukah kamu apa itu? Mari kita mulai membaca artikel ini untuk informasi lebih lanjut.

Premi asuransi yang kompetitif adalah harga yang dikenakan oleh perusahaan asuransi untuk polisnya yang sebanding atau lebih rendah dari pesaingnya. Kamu harus ingat bahwa harga adalah faktor terpenting yang dipertimbangkan konsumen saat memilih polis asuransi.

Perusahaan asuransi saling bersaing untuk menawarkan premi kompetitif terbaik untuk menarik pelanggan. Situs web perbandingan harga telah mengubah industri asuransi, dan perusahaan harus menetapkan premi mereka dengan tepat jika ingin tetap kompetitif.

Penanggung bersaing secara aktif untuk premi tertanggung dan mencari skala ekonomi untuk mengimbangi dan menyeimbangkan persaingan premi dan dengan demikian mengembangkan harga premi yang lebih kompetitif dan penghematan biaya bagi pemegang polis asuransi.

Namun, mempertahankan keunggulan premi kompetitif dalam industri asuransi bukan hanya tentang menawarkan harga terendah. Broker Asuransi yang ingin tetap kompetitif di pasar di mana premi semakin mahal harus lebih fokus untuk memberitahu klien tentang ruang lingkup dan ketentuan pertanggungan terbaik, dengan komunikasi reguler dan wawasan yang dipimpin data.

Baca juga Membangun Citra Perusahaan dalam Pandangan Karyawan dan Pengaruhnya terhadap Retensi Karyawan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi premi asuransi, antara lain:

  1. Cakupan Negara Bagian
    Semakin banyak cakupan yang harus kamu beli di negara bagianmu, semakin banyak kamu akan membayar asuransi.
  2. Usia
    Usia yang lebih tua cenderung membayar lebih banyak premi daripada usia yang lebih muda.
  3. Riwayat
    Jika kamu memiliki riwayat penyakit atau sering berobat, kamu dapat membayar lebih untuk asuransi.
  4. Riwayat Kredit
    Penanggung sering menggunakan skor kredit untuk menentukan premi, jadi mempertahankan peringkat kredit yang baik dapat membantu menjaga premi kamu tetap rendah.
  5. Kode Pos
    Lokasimu dapat mempengaruhi premi karena faktor-faktor seperti kepadatan penduduk dan tingkat kejahatan.
  6. Status Kesehatan
    Untuk asuransi kesehatan, faktor-faktor seperti kesehatan, gaya hidup, dan riwayat kesehatan keluarga kamu dapat mempengaruhi premi kamu.
  7. Merokok
    Jika kamu merokok, kamu mungkin harus membayar lebih untuk asuransi jiwa.
  8. Persyaratan Pertanggungan
    Cakupan manfaat yang termasuk dalam paket asuransi kamu, serta persyaratan pembagian biaya, dapat memengaruhi premi kamu.

Dengan memahami faktor-faktor ini, kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan biaya asuransi dan mendapatkan premi yang kompetitif.

Tip untuk Mengamankan Premi Kompetitif

Berikut adalah beberapa tips untuk mengamankan premi kompetitif:

  1. Meminimalkan variabilitas biaya asuransi
    Tujuan utama dari setiap rencana manajemen risiko yang baik adalah menjaga agar asuransi dan biaya risiko lainnya tetap rendah dan tidak terlalu bervariasi, dengan puncak dan lembah yang semakin sedikit dan tidak ekstrim. Rencanakan ini dengan menganggarkan di ujung atas pasar.
  2. Pertahankan rasio kerugian perusahaan kamu tetap rendah
    Pastikan kamu memberitahu perusahaan asuransi kamu (melalui brokemu) tentang semua tindakan pengendalian/pencegahan kerugian yang berlaku, kebijakan dan prosedur, perlindungan fisik, transfer kontrak, dll. Beri mereka salinan kebijakan, formulir pemeriksaan, laporan kecelakaan, program pelatihan, dll.
  3. Bangun hubungan tripartit
    Bekerja sama dengan klien dan perusahaan asuransi untuk mendapatkan persyaratan terbaik. Ini meningkatkan kepercayaan dan keyakinan dengan perusahaan asuransi.
  4. Bandingkan tarif asuransi
    Sebelum kamu membeli asuransi, dapatkan setidaknya tiga penawaran asuransi. Semakin banyak perbandingan yang kamu buat, semakin besar peluang kamu untuk menemukan penawaran terbaik.
  5. Manfaatkan diskon
    Banyak perusahaan asuransi menawarkan diskon untuk hal-hal seperti kebijakan bundling, memiliki catatan mengemudi yang baik, atau menjadi anggota organisasi tertentu.
  6. Lewati pertanggungan yang tidak perlu
    Tinjau polis kamu untuk mengetahui apakah kamu membayar pertanggungan yang tidak kamu perlukan. Misalnya, jika kamu memiliki mobil yang lebih tua dengan nilai lebih rendah, kamu dapat mengurangi tabrakan dan jangkauan yang luas.
  7. Pertahankan peringkat kredit yang baik
    Penanggung sering menggunakan skor kredit untuk menentukan premi, sehingga mempertahankan peringkat kredit yang baik dapat membantu menjaga premi kamu tetap rendah.
  8. Pilih perusahaan asuransi dengan peringkat teratas
    Premi rendah bukan satu-satunya faktor kunci; kamu juga menginginkan perusahaan asuransi yang memberikan penyelesaian klaim yang adil dan cepat, layanan pelanggan yang baik, serta bantuan dan nasihat.

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat membantu mendapatkan premi kompetitif sambil tetap mendapatkan pertanggungan yang kamu butuhkan.

Baca juga Bolehkah Resign Sebelum Kontrak Habis? Yuk, Pahami Aturannya!

Bagaimana Aman Dapat Membantu Kamu dalam Mengamankan Premi Asuransi Kompetitif

Di Aman, kami memiliki beberapa manfaat yang dapat membantumu dalam hal ini. Tim kami selalu siap membantu kamu setiap saat.

  1. Bernegosiasi atas nama klien
    Aman dapat memanfaatkan saluran kami dengan perusahaan asuransi untuk menegosiasikan premi kompetitif atas nama kamu.
  2. Memberi nasihat tentang cakupan dan ketentuan pertanggungan terbaik
    Aman dapat memberi saran kepada kamua tentang cakupan dan ketentuan pertanggungan terbaik, dengan komunikasi rutin dan wawasan berbasis data. Dengan memahami kebutuhan unik kamu, kami dapat merekomendasikan polis yang memberikan tingkat pertanggungan yang tepat dengan harga bersaing.
  3. Memberikan saran yang objektif dan tidak memihak
    Aman dapat memberikan saran yang objektif dan tidak memihak tentang pertanggungan asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kami juga dapat membantu kamu untuk lebih memahami semua aspek polis, termasuk pengecualian, dan bersikap transparan terkait biaya asuransi dan proses klaim.
  4. Membandingkan tarif asuransi
    Aman dapat membandingkan tarif asuransi dari beberapa perusahaan asuransi untuk menemukan kesepakatan terbaik untukmu. Dengan demikian, kami dapat membantu mengamankan premi yang kompetitif tanpa mengorbankan pertanggungan.
  5. Tetap up-to-date dengan tren industri
    Aman tetap up-to-date dengan tren industri dan perubahan di pasar asuransi. Hal ini memungkinkan kami untuk memberikan informasi dan saran terbaru kepada kamu tentang cara mendapatkan premi yang kompetitif.

Dengan bekerja bersama kami, kamu dapat menggunakan keahlian, saluran, dan pengetahuan kami tentang industri asuransi untuk mendapatkan premi kompetitif yang memenuhi kebutuhan unik kamu.
Ayo, Hubungi Aman sekarang dan mari mengobrol bersama.


×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar