Loader Icon
live aman bg

7 Rekomendasi Gerakan Olahraga di Kantor Agar Tetap Sehat!

7 Rekomendasi Gerakan Olahraga di Kantor Agar Tetap Sehat!
  • Updated on 15 Agu 2023
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Tahukah kamu? Kini, sibuknya pekerjaan di kantor sudah bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga lagi. Sebab, ada berbagai rekomendasi olahraga di kantor yang praktis dan bisa kamu coba lakukan di sela-sela waktu bekerja, seperti squat, chair dips, dan push up.

Selain membuat tubuh lebih bugar, olahraga di kantor juga bisa membantumu untuk meningkatkan mood serta menjaga kesehatan mental meski sedang dikejar-kejar deadline.

Karena itu, yuk, ketahui rekomendasi dan tips olahraga di kantor yang mudah dan praktis dalam ulasan berikut ini!

Rekomendasi Gerakan Olahraga di Kantor, Mudah dan Praktis!

Terdapat beragam rekomendasi gerakan olahraga di kantor yang bisa kamu lakukan dengan mudah, mulai dari squat, chair dips, push up, desk upward dog pose, triceps stretch, hingga trunk rotation. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Squat

Rekomendasi olahraga di kantor yang pertama adalah squat. Gerakan ini dilakukan dengan duduk dan berdiri secara berulang sehingga bisa membantumu untuk melatih otot kaki dan pinggul meski hanya duduk seharian di kantor.

Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikan squat dengan lunge, yaitu gerakan menekuk satu lutut ke depan dan memosisikan kaki lainnya ke belakang.

2. Chair Dips

Bingung apa rekomendasi olahraga untuk yang sering duduk dan kurang bergerak saat di  kantor? Kamu bisa mencoba gerakan chair dips yang mudah dan praktis!

Kamu hanya perlu merapatkan kedua kaki di depan serta meletakkan tangan pada tepian kursi secara berlawanan dengan arah tubuh. Lalu, dorong tubuh ke atas dan ke bawah dengan menumpukan bebannya pada bagian lengan dan kaki.

3. Peregangan Leher

Sering merasa pegal di leher saat seharian bekerja dan menatap laptop? Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan peregangan leher secara rutin.

Tak perlu khawatir, peregangan leher ini bisa dilakukan dengan mudah, tanpa memerlukan ruang khusus ataupun waktu yang lama.

Pertama-tama, duduklah dengan posisi tegak di kursi kantor. Lalu, letakkan tangan kanan pada kepala bagian kiri dan tarik secara perlahan ke arah bahu kanan. Tahan posisi tersebut selama 10–15 detik dan ulangi gerakannya pada setiap sisi sebanyak 5–7 kali.

Baca juga: Ketahui Manfaat Medical Check Up bagi Karyawan, Penting!

4. Push Up

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan gerakan satu ini. Yup, push up merupakan salah satu gerakan olahraga yang populer dan bisa dilakukan dengan mudah di kantor.

Sebab, kalau di tempat kerja, kamu bisa melakukan push up dengan memanfaatkan dinding atau meja kantor untuk menopang berat badanmu.

5. Plank Pose

Plank pose merupakan salah satu pose yoga yang bisa digunakan sebagai gerakan olahraga di kantor untuk mengecilkan perut.

Yup, pose ini bisa membantumu untuk menguatkan otot perut sekaligus mengoptimalkan proses metabolisme sehingga mampu membakar lemak di sekitar bagian tubuh tersebut.

Caranya pun terbilang mudah, posisikan badan secara menelungkup. Lalu, letakkan lengan bawah sejajar dengan siku dan bagian ujung jari kaki di lantai. Terakhir, cukup angkat tubuh secara perlahan seraya kencangkan otot pada perut dan bokong.

6. Triceps Stretch

Triceps stretch merupakan rekomendasi olahraga di kantor yang mudah dilakukan berikutnya. Praktis, untuk melakukan triceps stretch, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Duduk di kursi kantor dan buat tubuhmu senyaman mungkin.
  • Angkat dan tekuk tangan kiri sampai menjangkau punggung atas bagian kanan.
  • Tarik siku kiri secara perlahan ke arah kepala.
  • Tahan posisi tersebut selama 30 detik.
  • Ulangi gerakan tersebut pada sisi lainnya.

Baca juga: Apa itu Work-Life Balance? Ini Indikator yang Memengaruhinya

7. Trunk Rotation

Itu dia beberapa rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan di kantor. Dengan menyempatkan waktu untuk berolahraga di kantor, kesehatan tubuhmu jadi lebih terjaga, bukan?

Berbicara mengenai olahraga karyawan, kamu juga bisa, lho, mendaftarkan perusahaanmu untuk mengikuti acara Aman Cup! Memang, apa itu Aman Cup?

Aman Cup merupakan event turnamen olahraga yang diadakan untuk merayakan ulang tahun Aman ke-3 di bulan Juni ini.

Ada beberapa cabang olahraga yang bisa tersedia di Aman Cup, yaitu futsal, bulu tangkis, dan benteng.

Turnamen Aman Cup akan diadakan pada tanggal 9 Juni 2023 di Galaxy Sports Center, Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2), Jakarta Utara.

Menariknya lagi, kalau memenangkan turnamennya, tim perusahaanmu bisa memperoleh hadiah dengan total Rp35 juta dan bonus emas Antam!

Mau ikutan? Kamu bisa mendaftarkan perusahaanmu untuk mengikuti event Aman Cup melalui contact person Aman di 0855-7467-8437 atau kamu bisa langsung daftar di sini

Oh iya, batas registrasinya hanya sampai 31 Mei 2023 atau sampai full booked, lho. So, jangan ragu untuk mendaftarkan perusahaanmu di event Aman Cup sekarang juga!

Baca juga: Apa itu Employee Wellness Program? Ini Manfaat & Cara Membuat

×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar