Loader Icon
live aman bg

Mess Karyawan, Alternatif Tempat Tinggal Terjangkau dan Aman

Mess Karyawan, Alternatif Tempat Tinggal Terjangkau dan Aman
  • Updated on 15 Agu 2023
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Jika tempat kerjamu terletak cukup jauh dari rumah, mess karyawan adalah salah satu solusi yang bisa kamu pertimbangkan. Dibandingkan kos-kosan, biaya untuk mess karyawan biasanya jauh lebih terjangkau dengan fasilitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Di sisi lain, tinggal di mess karyawan juga akan membantumu meningkatkan fokus kerja karena tak perlu lagi memikirkan kebutuhan makan harian.

Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui berbagai kelebihan mess karyawan hingga tips menempatinya!

Apa itu Mess Karyawan?

Pengertian mess karyawan adalah salah satu fasilitas tempat tinggal yang diberikan oleh perusahaan berupa kamar atau rumah, untuk setiap pegawai dengan jarak tempat tinggal jauh. Umumnya, jumlah orang untuk penempatan mess karyawan tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Selain itu, salah satu yang menjadi keuntungan mess karyawan adalah sudah dilengkapi berbagai fasilitas dan makanan oleh perusahaan. Namun, sama seperti menempati kos-kosan, tinggal di mess karyawan juga mengharuskanmu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar, serta mematuhi aturan-aturan yang ada.

Baca juga: 6 Manfaat Gathering Karyawan, Bantu Tingkatkan Solidaritas!

Kelebihan Mess Karyawan

Selain keuntungan yang telah disebutkan sebelumnya, berikut beberapa kelebihan mess karyawan lainnya, antara lain yaitu:

1. Berinteraksi dengan Rekan Kerja Lebih Mudah

Selain dekat dengan tempat kerja, salah satu kelebihan mess karyawan adalah dapat berinteraksi lebih mudah kepada rekan sekantor. Dengan demikian, kamu bisa bertanya mengenai pekerjaan serta menjalani hubungan kerjasama yang baik antar sesama.

2. Memiliki Tingkat Keamanan yang Baik

Apabila kamu ingin menempati mess karyawan, tak perlu khawatir akan keamanannya, karena biasanya perusahaan sudah melengkapinya dengan sistem yang baik. Oleh karena itu, apabila rumah kamu jauh dari kantor, namun ingin mendapatkan tempat tinggal dengan sistem keamanan yang baik, mess karyawan bisa menjadi alternatifnya.

3. Memenuhi Kebutuhan Dasar

Selanjutnya, kelebihan tinggal di mess karyawan adalah kebutuhan dasar sudah dipenuhi oleh perusahaan, jadi kamu tak perlu repot-repot membawa perabotan di dalamnya. Biasanya, salah satu fasilitas mess karyawan adalah sudah dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, dapur, area makan, serta kamar mandi.

Dengan demikian, tinggal di mess karyawan akan memudahkan para pegawai dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka.

4. Mendukung Produktivitas Karyawan

Dengan memiliki fasilitas mess karyawan yang lengkap, hal tersebut dapat mendukung produktivitas dalam bekerja, karena tak perlu khawatir mengenai penginapan dan makan. Selain itu, dengan tinggal di mess karyawan yang dekat dengan jarak perusahaan, kamu juga akan menghemat waktu sehingga tidak terlambat datang ke kantor. 

5. Biaya Jauh Lebih Terjangkau

Saat kamu memilih tinggal di mess karyawan, fasilitas tempat dan makan yang sudah disediakan oleh perusahaan sering kali tidak memerlukan biaya banyak. Umumnya, biaya mess karyawan akan jauh lebih terjangkau daripada kamu harus mencari penginapan serta makan sendiri.

Baca juga: Apa Itu Work-Life Balance? Ini Indikator Yang Memengaruhinya

Tips Menempati Mess Karyawan

Setelah mengetahui berbagai kelebihannya, ada beberapa tips sebelum kamu menempati mess karyawan, di antaranya adalah:

1. Atur Keuangan dengan Baik

Meskipun fasilitas mess karyawan disediakan oleh perusahaan, pasti kamu juga perlu mengeluarkan beberapa biaya tak terduga lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengatur keuangan dengan baik setiap bulannya. Jika kamu ingin lebih menghemat, misalnya untuk biaya listrik, dapat dibagi biayanya dengan teman-teman sekamar.

Dengan demikian, hal tersebut akan membantu mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan nantinya, serta dapat membangun rasa kebersamaan. 

2. Bangun Relasi

Tips selanjutnya, saat memilih tinggal di mess karyawan adalah kamu harus pintar-pintar untuk membangun relasi dengan teman-teman sekantor.

Yup, sebisa mungkin kamu mengenali karakter orang yang nantinya akan menjadi teman sekamar. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dan nyaman dalam berkomunikasi saat tinggal bersama di dalam mess karyawan. 

3. Membuat Tata Tertib

Terakhir, tips dalam menempati mess karyawan adalah dengan membuat aturan dan tata tertib yang harus dipatuhi masing-masing penghuninya.

Salah satunya, kamu bisa membuat tata tertib penghuni mess karyawan mengenai kebersihan, jadwal cuci piring, atau pergantian orang dalam membersihkan kamar secara rutin. Oleh karena itu, kamu dapat tinggal dengan teratur, aman, dan tertib, serta mengurangi adanya lingkungan yang tidak sehat di dalam mess karyawan.

Dapat disimpulkan, mess karyawan adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh perusahaan berupa tempat tinggal bagi para pegawainya.

Selain fasilitas mess karyawan, untuk meningkatkan produktivitas karyawan, perusahaan juga dapat menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh para pegawai. Salah satunya, hal terpenting dan sering kali sangat dibutuhkan oleh karyawan adalah berupa fasilitas kesehatan. Dalam hal ini, Aman bisa menjadi solusinya!

Aman merupakan one-stop employee well-being platform dalam kata lain employee benefit yang menyediakan berbagai jenis layanan untuk memberikan manfaat kesehatan bagi karyawan dalam satu aplikasi. 

Mulai dari AmanCheck untuk pemeriksaan kesehatan secara rutin, AmanVista bagi kesehatan mata, hingga AmanTelecare untuk konsultasi kesehatan dengan spesialis yang ahli di bidangnya. Selain itu, Aman juga akan membantu semua prosesnya, mulai dari pencarian dan pembelian produk, serta untuk pergantian layanan dengan mudah dan terjangkau.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ciptakan kehidupan yang sehat dalam perusahaan dengan gabung menjadi Amazens sekarang!

Baca juga: Apa itu Asuransi Karyawan? Ini Jenis-Jenis dan Manfaatnya


×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar