Loader Icon
live aman bg

Manajemen SDM: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan

Manajemen SDM: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan
  • Updated on 15 Agu 2023
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah departemen yang bertugas merekrut, mempekerjakan, memutasi, hingga mengelola karyawan di sebuah organisasi atau perusahaan.

Manajemen Sumber Daya Manusia juga biasa disebut dengan HR atau Human Resource. Mereka bertanggung jawab untuk mengurus berbagai kebutuhan perusahaan yang terkait dengan sumber daya manusia termasuk bertugas untuk memastikan hubungan antara perusahaan dengan seluruh karyawan berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah bagian yang paling penting di sebuah perusahaan dan organisasi. Yuk, kita kulik lebih dalam pengertian, fungsi, dan tujuan manajemen sumber daya manusia.

Pengertian Manajemen SDM

Secara umum, manajemen sumber daya manusia adalah upaya yang dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mengatur sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Manajemen satu ini bertanggung jawab untuk membuat, menerapkan, dan mengawasi kebijakan yang mengatur sumber daya manusia dan hubungan perusahaan dengan karyawannya.

Manajemen SDM juga berperan dalam mengembangkan potensi manusia atau karyawan di dalam berbagai organisasi atau perusahaan, termasuk juga bertanggung jawab untuk memberikan berbagai pengetahuan tentang perusahaan, fasilitas yang diperlukan, pelatihan, hingga layanan administrasi.

Jika semua hal dipenuhi, maka visi dan misi perusahaan atau organisasi juga bisa tercapai dengan baik dan dapat dipastikan bahwa sebuah organisasi atau perusahaan menjadi lebih produktif, kondusif dan meminimalisir terjadinya komunikasi yang tidak baik atau miskomunikasi.

Baca juga: 10 Perusahaan Dengan Budaya Kerja Terbaik Di Indonesia

Fungsi Manajemen SDM

Manajemen SDM memiliki fungsi mulai dari perencanaan sampai pengelolaan hubungan kerja:

  1. Perencanaan

    MSDM berfungsi mengkaji, menelaah, dan mengamati kebutuhan SDM secara sistematis untuk memastikan jumlah karyawan dan bidang keahlian yang dibutuhkan.
  2. Rekrutmen dan Pemberhentian

    Manajemen SDM bertanggung jawab atas proses rekrutmen, pemilihan kandidat, onboarding, hingga pemberhentian, semua wajib dengan proses yang sesuai dengan ketentuan hukum.
  3. Upah dan Tunjangan

    Upah pada dasarnya mencakup keseluruhan penghargaan yang diterima karyawan atau pegawai sebagai hasil dari pekerjaannya.
  4. Pelatihan dan Pengembangan Kemampuan

    Manajemen sumber daya manusia juga berfungsi memberikan pelatihan serta pengembangan kemampuan dari SDM atau karyawan yang dimiliki. Nantinya diharapkan SDM dapat memberikan ROI yang diharapkan ketika diberikan cukup effort dalam pengembangannya.
  5. Pengelolaan Hubungan Kerja

    Mengelola hubungan kerja dengan setiap elemen yang ada di perusahaan, menghormati hak antar sesama karyawan, menetapkan prosedur keluhan dan masukan dapat disampaikan, hingga penelitian pada manajemen SDM yang baik.

Tujuan Manajemen SDM

Berikut adalah tujuan-tujuan dari manajemen sumber daya manusia atau MSDM:

  • Mengembangkan sistem kerja dengan kinerja tinggi dan eficien yang meliputi proses perekrutan, seleksi, sistem insentif, serta pengembangan manajemen dan aktivitas pelatihan yang terkait dengan kebutuhan perusahaan.
  • Mengembangkan praktik manajemen dengan komitmen tinggi yang menyadari bahwa karyawan atau pegawai adalah stakeholder dalam perusahaan yang bernilai dan membantu mengembangkan iklim kerja sama dan kepercayaan Bersama.
  • Memastikan bahwa persamaan kesempatan tersedia untuk semua, artinya ada keterkaitan saling menguntungkan antara perusahaan dengan karyawan.
  • Memastikan bahwa karyawan atau pegawai dinilai serta dihargai atas apa yang telah dikerjakan dan dicapai.
  • Mempertahankan serta memperbaiki kesejahteraan fisik serta mental pegawai atau karyawan.
  • Menciptakan iklim suasana yang humanis, harmonis, serta produktif yang dapat dipertahankan antara manajemen dengan karyawan atau pegawai.

Baca juga: Apa Itu Masa Probation? Ini Hal-Hal Yang Perlu Kamu Ketahui!


Nah, itu dia penjelasan mengenai manajemen sumber daya manusia yang perlu kamu ketahui. Mulai dari pengertian, fungsi, dan tujuannya.

Dari penjelasan tersebut, bidang manajemen sumber daya manusia adalah bagian yang sangat penting dan crucial di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Selain manajemen sumber daya manusia, jangan lupa kalau memberikan berbagai tunjangan juga merupakan bagian yang penting di dalam proses perusahaan atau organisasi

Sebagai One-stop Employee Well-being Platform, Aman menyediakan berbagai layanan tunjangan kesehatan atau employee benefit bagi karyawan yang melebihi dari asuransi.

Produk-produk Aman seperti AmanMind, AmanProtect, AmanBoost, dan AmanTelecare.Yuk, tingkatkan kinerja dan kesejahteraan karyawan dengan mendaftarkan perusahaanmu menjadi anggota AmaZens sekarang juga!

×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar