Loader Icon
live aman bg

Manfaat & Fungsi Asuransi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Manfaat & Fungsi Asuransi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui
  • Updated on 15 Agu 2023
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Tahukah kamu bahwa salah satu fungsi asuransi kesehatan adalah untuk menjamin segala risiko kesehatan yang dialami oleh penggunanya?

Namun, tak hanya tentang memberikan jaminan kesehatan, banyak hal-hal tentang asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Artikel berikut ini akan membahas apa itu asuransi kesehatan, pentingnya asuransi kesehatan, hingga tips dalam memilih asuransi kesehatan. Langsung cek penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Secara garis besar, asuransi kesehatan adalah sebuah jaminan yang diberikan pada tertanggung untuk mengganti biaya perawatan dan pengobatan apabila tertanggung sedang sakit.

Biasanya, perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan sesuai dengan polis yang telah disepakati bersama tertanggung, atau nasabah asuransi. 

Polis asuransi sendiri merupakan sebuah dokumen tertulis yang berisi besaran uang pertanggungan, hak dan kewajiban nasabah, surat klaim, pengecualian proteksi, dan sebagainya.

Kalau dianalogikan, memiliki asuransi kesehatan sama halnya dengan menyediakan payung sebelum hujan. Mengapa demikian?

Sebab, fungsi asuransi kesehatan yang utama adalah memungkinkan kamu untuk mempersiapkan diri guna menghadapi risiko-risiko kesehatan yang bisa saja muncul di kemudian hari.

Jadi, jika sewaktu-waktu kamu sakit dan menghadapi kondisi darurat kesehatan, kamu tak perlu khawatir akan biaya, sebab biaya perawatan akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Manfaat dan Fungsi Asuransi Kesehatan

Fungsi asuransi kesehatan yang paling utama adalah membantu kamu dalam meng-cover biaya pengobatan bila sewaktu-waktu kamu atau keluarga mengalami kondisi darurat kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat serta fungsi asuransi kesehatan yang lainnya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Tidak Khawatir Biaya Saat Sakit

Pentingnya asuransi kesehatan yang pertama adalah kamu tidak perlu khawatir akan biaya saat dalam kondisi sakit.

Jika dipikir-pikir, siapa sih, yang menginginkan kondisi sulit akibat adanya risiko kesehatan yang muncul sewaktu-waktu?

Dengan asuransi, kamu tak perlu lagi khawatir akan hal ini. Segala bentuk biaya perawatan dan pengobatan yang kamu jalani, akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Saat mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan, kamu akan membayarkan biaya yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu.

Layanan kesehatan yang akan kamu dapatkan pun pasti seimbang dengan premi atau biaya yang kamu bayarkan setiap bulannya.

Jadi, kamu tak akan merasa dirugikan dengan mengikuti asuransi kesehatan ini!

2. Mempersiapkan Diri dengan Segala Risiko

Fungsi asuransi kesehatan yang berikutnya adalah mempersiapkan kamu untuk menghadapi segala risiko kesehatan yang bisa muncul kapan saja.

Tak ada yang tahu risiko kesehatan seperti apa yang akan kamu hadapi di kemudian hari. Akan tetapi, setidaknya keberadaan asuransi akan membantu kamu dalam menghadapi risiko-risiko ini.

3. Mengurangi Dampak Kerugian Finansial

Mengurangi dampak kerugian finansial merupakan salah satu fungsi asuransi kesehatan yang cukup penting. Mengapa?

Sebab, asuransi kesehatan akan membantu kamu untuk mengantisipasi mahalnya biaya perawatan rumah sakit serta obat-obatan di masa kini. 

Dengan membayar iuran premi asuransi tiap bulannya, kamu tak perlu khawatir dengan pengeluaran-pengeluaran tak terduga yang terkait dengan kesehatan.

Perusahaan asuransi siap menanggung semua biaya pengobatan kamu, sehingga kamu tak akan rugi secara finansial akibat menjalani perawatan di rumah sakit.

4. Memberikan Perlindungan Lebih

Memberikan perlindungan lebih adalah fungsi asuransi kesehatan yang dapat kamu nikmati, bahkan bersama keluarga. 

Ketika mendaftarkan diri ke perusahaan asuransi, kamu pasti menemukan produk asuransi yang mampu meng-cover keluargamu juga.

Maka dari itu, jangan ragu mendaftarkan keluarga ke perusahaan asuransi kesehatan. Sebab, segala risiko kesehatan yang dihadapi oleh keluargamu akan dijamin oleh asuransi.

5. Membantu Pengelolaan Keuangan

Ketika kamu mendaftarkan diri menjadi peserta asuransi kesehatan, secara tak langsung hal ini juga membantu kamu dalam mengelola keuangan.

Dengan membayar premi setiap bulannya, ini sama dengan kamu ‘mengamankan’ sebagian dana untuk difokuskan pada bidang kesehatan.

Jika biaya pengobatan sudah dijamin oleh perusahaan asuransi, sebagian uang yang kamu miliki bisa ditabung untuk mewujudkan keperluan lain selain yang terkait dengan kesehatan.

Layanan Apa Saja yang Ditanggung oleh Asuransi Kesehatan?

Menanggung biaya kesehatan menjadi fungsi asuransi kesehatan yang paling utama. Besarnya premi asuransi yang harus kamu bayarkan pun bisa disesuaikan dengan kondisi finansial.

Asuransi kesehatan memiliki fleksibilitas yang bisa memudahkan kamu menjalani perawatan tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Lantas, layanan apa saja, sih, yang akan ditanggung oleh asuransi kesehatan? Beberapa layanan kesehatan yang akan ditanggung oleh asuransi kesehatan antara lain:

  • Rawat jalan
  • Rawat inap
  • Medical check up
  • Persalinan
  • Perawatan gigi
  • Pembuatan kacamata

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Berikut beberapa tips memilih asuransi kesehatan yang perlu kamu cermati sebelum mendaftarkan diri ke perusahaan asuransi. Cek informasinya di bawah ini!

1. Pahami Kebutuhan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami kebutuhan. Ketahui apa saja yang kamu butuhkan untuk menghadapi risiko kesehatan di kemudian hari.

Memahami kebutuhan mampu membantu kamu dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat. Selain itu, jangan lupa cermati setiap layanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

2. Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Tentunya, kamu tidak mau mendaftarkan diri ke perusahaan asuransi yang tidak kredibel, kan?

Maka dari itu, pilihlah perusahaan asuransi kesehatan yang kredibel. Kamu dapat mengetahui kredibilitas perusahaan lewat testimoni yang diberikan oleh nasabahnya.

Selain itu, kamu dapat mengecek perusahaan tersebut di situs resmi milik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengetahui legalitas dari perusahaan asuransi tersebut.

3. Kemudahan Proses Klaim

Ketika sudah mendaftarkan diri ke perusahaan asuransi, jangan sampai perusahaan tersebut mempersulit proses klaim asuransi kamu.

Pilihlah perusahaan yang menawarkan kemudahan dalam proses klaim asuransinya. Dengan begini, kamu tidak akan khawatir ketika sedang menghadapi risiko kesehatan.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi asuransi kesehatan, beserta tips dalam memilihnya.

Sebagai anak muda, tentunya kamu nggak mau ribet dalam mencari asuransi yang terpercaya untuk kamu dan keluarga.

Oleh karena itu, gunakan Aman untuk membantu kamu dalam mencari asuransi karyawan yang trusted dan sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, one-stop digital platform dari Aman akan membantu AmaZens menemukan layanan kesehatan lain, yang mungkin dibutuhkan sewaktu-waktu, seperti konseling dan konsultasi dokter.  

Yuk, kunjungi laman bantuan kami dan konsultasikan kebutuhan asuransi kamu di Official WhatsApp Aman!

×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar