Loader Icon
live aman bg

6 Efek Kelelahan Berlebihan, Ini Ciri dan Cara Mengatasinya

6 Efek Kelelahan Berlebihan, Ini Ciri dan Cara Mengatasinya
  • Updated on 15 Agu 2023
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Apakah kamu pernah mengalami efek kelelahan berlebihan karena tuntutan beban kerja? Jika iya, maka hal ini tidak boleh disepelekan.

Yup, apabila terlalu sering memforsir diri sendiri saat bekerja, kondisi tersebut dapat memunculkan berbagai risiko penyakit.

Nah, apa saja potensi penyakit kelelahan berlebihan yang bisa timbul dalam diri seseorang? Untuk mengetahuinya, simak selengkapnya melalui artikel ini!

Gejala Tubuh Kelelahan Berlebihan

Saat tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan membutuhkan istirahat, sering kali seseorang tetap melanjutkan pekerjaan karena tidak ingin menundanya.

Padahal, hal tersebut merupakan kebiasaan negatif yang perlu dihindari sebab dapat meningkatkan stres dan imunitas tubuh semakin menurun.

Adapun beberapa gejala saat tubuh mengalami kelelahan berlebihan yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Sulit Berkonsentrasi 

Sulit berkonsentrasi merupakan salah satu penyebab utama kelelahan berlebihan yang sering dialami sebagian orang.

Saat tubuh merasakan kelelahan berlebihan, kamu akan lebih sulit untuk berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas, sehingga hal ini dapat mengakibatkan produktivitas menurun.

2. Sering Merasa Nyeri pada Otot dan Punggung 

Selanjutnya, kamu sering akan mengalami gejala seperti nyeri pada otot, sendi, dan punggung saat tubuh menunjukkan kelelahan berlebihan. 

3. Muncul Benjolan pada Ketiak dan Leher 

Biasanya, saat seseorang sudah mengalami kelelahan berlebihan, ia akan merasakan munculnya benjolan yang cenderung nyeri pada daerah ketiak dan leher.

4. Merasa Sakit Kepala hingga Vertigo 

Selanjutnya, gejala kelelahan berlebihan yang paling utama dan sering dialami sebagian orang, yaitu merasakan pusing, sakit kepala, hingga berpotensi mengalami vertigo.

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan, Efektif!

5. Sering Merasa Berdebar-debar 

Tidak hanya dapat dialami oleh seseorang dengan penyakit gerd, gejala ini juga sering dialami oleh seseorang yang merasakan kelelahan berlebihan.

Selain merasa berdebar-debar, seseorang yang merasakan efek kelelahan berlebihan terkadang juga akan merasakan nyeri di bagian dada.

6. Pingsan 

Jika mengalami efek kelelahan berlebihan berat, kondisi ini mungkin terjadi pada seseorang yang sering memforsir diri dan tidak memiliki kualitas tidur baik.

Efek Kelelahan Berlebihan 

Jika kamu pernah mengalami salah satu dari gejala sebelumnya, maka efek kelelahan berlebihan yang dapat terjadi jika tidak segera dihindari yaitu:

1. Terinfeksi Virus

Saat kamu mengalami kelelahan, maka sistem imun di dalam tubuh akan menurun.

Dengan begitu, hal ini akan mengakibatkan tubuh menjadi lebih rentan terinfeksi berbagai virus akibat penyakit kelelahan berlebihan.

Adapun beberapa gejala yang bisa dirasakan karena efek kelelahan berlebihan akibat infeksi virus yaitu nyeri otot, demam, serta sakit tenggorokan. 

2. Penyakit Jantung

Perlu diketahui, efek kelelahan berlebihan jika tidak dikurangi dapat berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

Pada dasarnya, penyakit kelelahan berlebihan jantung dapat terjadi saat pembuluh darah tersumbat akibat berbagai faktor, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, hingga kelelahan.

Yap, stres psikis ataupun kelelahan yang berat dapat menjadi penyebab plak di dalam jantung pecah, sehingga mampu menyumbat pembuluh darah secara tiba-tiba.

3. Terkena Depresi

Bagi pekerja yang sering mendapatkan tuntutan pekerjaan, atasan, hingga lingkungan tidak mendukung, dapat berisiko mengalami efek kelelahan berlebihan seperti stres psikis hingga depresi.

Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian oleh American Psychological Association, hasilnya menunjukkan bahwa para pekerja yang mengalami kelelahan dan stres berlebihan cenderung mengalami pola hidup tidak sehat.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Stres Kerja Menurut Psikologi, Yuk Coba!

4. Penyakit Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit kelelahan berlebihan yang terjadi saat kondisi tubuh kekurangan sel darah merah.

Selain itu, efek kelelahan berlebihan akibat anemia dapat disebabkan karena sejumlah faktor, seperti kekurangan zat besi.

5. Mengalami Dehidrasi

Tahukah kamu, efek kelelahan berlebihan juga bisa mengakibatkan tubuh terkena dehidrasi, lho.

Jika kamu merasakan tubuh kelelahan berlebihan dan tidak memperhatikan kebutuhan cairan yang cukup, hal ini dapat berpotensi mengalami dehidrasi.

Yup, kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh kamu merasa lemas serta tidak berenergi. Jika terus berlanjut, hal tersebut bisa mengakibatkan gangguan organ seperti ginjal. 

6. Cedera pada Sendi 

Saat terlalu lama duduk di depan laptop atau komputer, sering kali kamu akan merasakan nyeri di bagian punggung atau leher sehabis mengerjakan tugas.

Nah, gejala tersebut merupakan salah satu tanda-tanda efek kelelahan berlebihan yang bisa mengarah cedera pada sendi.

Selain itu, melansir dari Thriveworks,  terdapat beberapa efek kelelahan berlebihan yang dapat dirasakan oleh tubuh, di antaranya:

  • Mengalami gangguan ingatan
  • Lebih mudah emosi
  • Motivasi semakin berkurang
  • Nafsu makan semakin menurun
  • Mengalami masalah pencernaan dan mudah terkena penyakit 
  • Sering melakukan kesalahan saat bekerja, seperti keliru dalam mengambil keputusan 
  • Meningkatkan risiko kecelakaan kerja.

Cara Mengatasi Kelelahan Berlebihan 

Biasanya, saat mengalami gejala kelelahan berlebihan saat bekerja, seseorang cenderung menganggap sepele kondisi tersebut karena merasa akan membaik sendiri.

Padahal, jika dialami secara terus-menerus akan mengakibatkan efek kelelahan berlebihan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Melansir dari Medical News Today, terdapat beberapa cara mengatasi efek kelelahan berlebihan yang direkomendasikan oleh dokter, antara lain yaitu:

  • Mengubah jadwal istirahat hingga mendapatkan jam tidur yang berkualitas. 
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman tidak dijaga, melainkan menggantinya dengan yang lebih sehat, seperti buah dan sayur.
  • Berolahraga secara rutin, seperti yoga atau meditasi.
  • Rutin mengonsumsi air putih, minimal laki-laki sebanyak 3,7 liter, sementara bagi wanita sekitar 2,7 liter per hari.

Sementara itu, menurut Healthline, jika menemukan gejala kelelahan berlebihan yang cukup serius, maka dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan medis, seperti urine atau darah.

Maka dari itu, jika kamu merasakan gejala efek kelelahan berlebihan yang sudah serius, ada baiknya segera memeriksakan diri untuk berkonsultasi dengan ahli medis.

Itulah penjelasan informasi mengenai apa saja efek kelelahan berlebihan yang perlu kamu ketahui.

Setelah mengetahui seberapa bahaya jika terus menerus memforsir diri saat sudah mengalami kelelahan, ada baiknya kamu mengambil waktu istirahat dan minum air yang cukup, ya.

Untuk mengurangi risiko efek kelelahan berlebihan pada seluruh karyawanmu, ada baiknya kamu menyediakan tunjangan kesehatan di kantor.

Well, selain dapat mengurangi risiko kecelakaan bekerja, hal ini juga dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja karena merasa perusahaan memperhatikan dan melindungi mereka.

Jika kamu masih bingung bagaimana menyediakannya, tak perlu khawatir karena sekarang sudah ada Aman!

Aman merupakan One-stop Employee Well-being Platform yang menyediakan berbagai fitur tunjangan kesehatan bagi seluruh karyawan.

Salah satunya yaitu, AmanCheck untuk mengecek kesehatan secara rutin, AmanProtect jika ingin membeli asuransi kesehatan, hingga AmanMind berupa konsultasi fasilitas konsultasi kesehatan mental dengan dokter terkemuka.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, raih penawaran fitur kesehatan terbaik dengan daftarkan perusahaanmu dan gabung menjadi Amazens sekarang juga!

Baca juga: 9 Jenis Masalah Karyawan Di Tempat Kerja & Cara Mengatasinya

×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar