Loader Icon
live aman bg

10 Cara Menata Ruang Kerja di Kantor, Jadi Fokus dan Nyaman!

10 Cara Menata Ruang Kerja di Kantor, Jadi Fokus dan Nyaman!
  • Updated on 15 Agu 2023
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Ingin menjadi lebih produktif dan meningkatkan fokus kerja? Mungkin kamu perlu  mengetahui cara menata ruang kerja di kantor agar mendapatkan suasana baru.

Terkadang, kondisi lingkungan di sekitar dapat memengaruhi kinerja seseorang. Salah satunya bosan melihat pemandangan ruang kerja yang itu-itu saja.

Oleh karena itu, sesekali kamu perlu mencoba untuk menata ruangan kerja lebih bervariasi agar meningkatkan produktivitas dalam mengerjakan tugas.

Namun, yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara menata ruang kerja di kantor?

Tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba salah satu tipsnya pada ulasan berikut. Langsung saja, yuk, simak!

Cara Menata Ruang Kerja di Kantor Agar Lebih Nyaman

Selain memerlukan konsep sesuai dengan kegemaranmu, cara menata ruang kerja di kantor juga memerlukan sejumlah tips dan trik yang tepat.

Ada beberapa tips dan trik cara menata ruang kerja di kantor lebih nyaman, di antaranya yaitu:

1. Temukan Spot Kerja Terbaik

Hal mendasar dalam cara menata ruang kerja di kantor adalah dengan menemukan spot kerja terbaik, yaitu menempatkan setiap benda sesuai fungsinya.

Dalam hal ini, kamu bisa memaksimalkan penggunaan furnitur pada setiap sudut. Misalnya, pastikan meja kerja berada di posisi yang dekat dengan koneksi internet.

Atau bisa juga tempatkan meja kerja dekat dengan pencahayaan yang baik dan alami (sinar matahari). 

Yup, efek cahaya pagi diketahui bisa menambah semangat produktivitas dalam bekerja.

Selain itu, buat batas antara area kerja dan ruang bersantai, agar produktivitas tidak terganggu karena terdistraksi ingin beristirahat. 

Baca juga: 7 Manfaat Journaling Untuk Kesehatan Mental, Yuk Disimak!

2. Beri Ruang untuk Bergerak

Selain menemukan spot terbaik, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam cara menata ruang kerja di kantor yaitu dengan memberi space untuk bergerak.

Jangan menyimpan banyak barang di mejamu, sehingga membuat akses untuk bergerak saat bekerja menjadi sedikit. 

Hal ini juga bisa menimbulkan stress karena melihat benda menumpuk. 

Alternatif lainnya, coba untuk menggunakan meja berdiri atau kursi putar di kantor agar kamu dapat mengubah posisi dan bergerak bebas selama bekerja.

3. Hindari Hiasan yang Berlebih

Cara menata ruang kantor selanjutnya adalah hindari menggunakan hiasan yang berlebihan.

Jangan sampai tujuanmu menata ruang kantor agar menciptakan suasana nyaman, menjadi terganggu karena dekorasi yang terlalu banyak.

4. Ciptakan Space untuk Bersantai

Selain menciptakan produktivitas dan kenyamanan saat bekerja, cara menata ruang kerja di kantor juga perlu memperhatikan space untuk bersantai.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berikan jarak antara ruang kerja dengan tempat beristirahat untuk menghindari keinginan bersantai saat melihat ruangannya.

Kamu bisa menyediakan beberapa camilan dan hiburan berupa televisi untuk menonton, atau mungkin menyediakan game konsol di ruang bersantai. 

Hal ini juga efektif dalam meningkatkan semangat karyawan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat agar memiliki waktu bersantai lebih awal.

5. Buat Ruangan Sedikit Lebih Hidup dan Berwarna 

Cara menata ruang kerja di kantor berikutnya dapat dilakukan dengan membuat ruangan sedikit lebih hidup dan berwarna.

Kamu bisa memberikan beberapa hiasan secukupnya agar meja kerja sedikit lebih hidup, setelah itu kombinasikan warna yang sesuai dan seimbang.

Contohnya, coba letakkan beberapa tanaman hijau yang diketahui efektif membantu menghasilkan udara lebih bersih, meningkatkan mood, serta mengurangi stres saat bekerja. 

Selain itu, tanaman hijau diketahui juga bisa menyegarkan pandangan, serta membuatmu menjadi lebih energik dan kreatif saat mendekorasinya. 

Baca juga:Ini 7 Ciri Lingkungan Kerja Toxic Dan Tips Menghadapinya

6. Gunakan Furniture Ergonomis

Selanjutnya, cara menata ruang kerja di kantor yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan furnitur ergonomis.

Furnitur ergonomis adalah barang yang didesain untuk menyerasikan antara kebutuhan tubuh manusia dengan jenis pekerjaannya, di mana ini tentu bisa menjadi investasi jangka panjang.

Misalnya, kita tahu bahwa beberapa pekerja mengalami sakit punggung karena terlalu lama duduk saat bekerja. 

Maka dari itu, diciptakanlah furnitur ergonomis yang dapat memberikan kesehatan dan kenyamanan pada punggung.

Namun, jika tidak memungkinkan, kamu bisa menyediakan furnitur yang lebih ekonomis tapi tetap mendukung kenyamanan pekerjaan.

7. Manfaatkan Meja Panjang

Apabila perusahaan memiliki karyawan dalam jumlah banyak, menggunakan meja panjang bisa menjadi alternatif cara menata ruang kerja di kantor selanjutnya.

Memanfaatkan penggunaan meja panjang di kantor bisa membangun hubungan yang baik antar sesama karyawan.

8. Menambah Aksesori pada Meja Kerja

Kemudian, kamu juga bisa menambahkan aksesoris pada meja kerja, seperti foto keluarga atau pasangan, untuk meningkatkan semangatmu dalam mengerjakan sesuatu.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lukisan, kartu yang berisi quotes penyemangat, atau lampu kerja dengan warna terang sebagai cara menata ruang kerja di kantor.

Selain bisa memberikan energi positif serta semangat, adanya pernak pernik menarik juga menjadikan ruang kerja lebih hidup dan estetik.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Work Anxiety Dan Cara Mengatasinya

9. Menyediakan Tempat Penyimpanan Barang

Cara menata ruang kerja yang paling penting untuk diperhatikan adalah dengan menyediakan tempat penyimpanan barang. 

Seiring berjalannya waktu, pekerjaan yang kamu lakukan akan terus bertambah sehingga menciptakan dokumen-dokumen penting yang bisa menumpuk di meja kerjamu.

Selain itu, menyediakan tempat penyimpanan barang juga efektif dalam menjauhi benda-benda yang membuatmu terdistraksi saat bekerja, seperti handphone, make-up dan lainnya.

Sediakan tempat yang tetap mudah untuk diakses namun tidak mengganggu ruang kerja.

10. Menjaga Ruang Kerja Tetap Rapi dan Bersih

Cara menata ruang kerja di kantor yang terakhir adalah selalu menjaga meja kerja tetap rapi dan bersih.

Kerapian meja kerjamu dapat mencerminkan bahwa kamu adalah orang yang disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Untuk itu, kamu akan bekerja secara nyaman serta orang-orang di sekitar kantor menjadi senang saat melihat meja kerjamu yang rapi dan bersih. 

Itu dia beberapa cara menata ruang kerja di kantor yang bisa kamu coba, agar lebih nyaman serta dapat meningkatkan produktivitas.

Ruang kerja merupakan tempat yang menjadi pemandanganmu sehari-hari dalam melakukan tugas di kantor. Maka dari itu, perlu sesekali diubah dan ditata kembali.

Saat kegiatan dan lingkungan di sekitar terasa membosankan, hal tersebut bisa menurunkan semangat kerja yang kamu miliki.

Selain itu, kehilangan semangat kerja bisa memperparah kinerjamu jika tidak dibarengi dengan menjaga imun di dalam tubuh, lho.

Solusinya, selalu sedia vitamin dan suplemen di kantor agar imun tubuh tetap terjaga dan mengembalikan semangat kerja yang hilang.

Tak perlu risau, one-stop platform dari Aman menyediakan layanan AmanBoost untuk membantu perusahaan menyediakan berbagai suplemen kesehatan untuk karyawan.

Dengan harga yang terjangkau dan menyesuaikan kebutuhan, Aman dapat menjadi solusi terciptanya ekosistem kerja yang sehat bagi karyawan secara menyeluruh.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan perusahaanmu dan gabung menjadi AmaZens sekarang juga!

Baca juga: Apa Itu Work-Life Balance? Ini Indikator Yang Memengaruhinya

×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar