Loader Icon
live aman bg

Perbedaan BPJS, Asuransi Kesehatan Kelompok, dan Individu : Perhatikan 5 Kriteria Ini!

Perbedaan BPJS, Asuransi Kesehatan Kelompok, dan Individu : Perhatikan 5 Kriteria Ini!

Credit [freepik]

  • 04 Sep 2024
  • Redaksi Liveaman
  • 3 Mins

Memilih asuransi kesehatan yang tepat memang bisa membingungkan, tapi tenang aja—Aman hadir untuk bantu kamu bikin pilihan yang ciamik! Di Indonesia, kamu punya tiga pilihan utama: asuransi kesehatan nasional yang lebih dikenal dengan BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan kelompok, dan asuransi kesehatan individu. Yuk, kita bahas satu per satu untuk lihat mana yang paling cocok buat kamu.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah produk keuangan yang memberikan perlindungan terhadap biaya perawatan medis. Dengan membayar premi bulanan atau tahunan, pemegang polis mendapatkan manfaat berupa pembiayaan sebagian atau seluruh biaya perawatan, seperti rawat inap, rawat jalan, pemeriksaan laboratorium, operasi, hingga persalinan. Asuransi dalam hal kesehatan hadir dalam berbagai bentuk, termasuk asuransi nasional seperti BPJS Kesehatan di Indonesia, asuransi kesehatan kelompok yang biasanya disediakan oleh perusahaan, dan asuransi kesehatan individu yang lebih personal.

Asuransi sangat penting untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko finansial akibat penyakit atau kecelakaan yang tidak terduga. Dengan memiliki asuransi terutama kesehatan, seseorang tidak perlu khawatir tentang biaya besar yang mungkin muncul saat membutuhkan perawatan medis, karena sebagian atau seluruh biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah pilihan dasar yang wajib dimiliki oleh semua warga negara Indonesia. Dengan premi yang sangat terjangkau, bahkan gratis untuk mereka yang berpenghasilan rendah, BPJS menawarkan perlindungan dasar seperti rawat inap, rawat jalan, dan layanan persalinan. Tapi, siap-siap ya untuk proses rujukan yang ribet untuk kasus non-darurat, waktu tunggu yang lama, dan pilihan rumah sakit yang terbatas.

Asuransi Kesehatan Kelompok/Group

Asuransi ini biasanya disediakan oleh tempat kerja kamu sebagai bagian dari program benefit kesehatan karyawan. Belum punya? Hubungi Aman biar kita bantu! Asuransi kelompok ini menawarkan cakupan yang lebih luas dibandingkan BPJS, termasuk rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, kacamata, bahkan persalinan (pssst… kamu bisa konsultasi spesialis tanpa perlu rujukan!). Terus juga, keluarga kamu bisa aja ikut tercover, lho. Dengan proses klaim yang mudah dan cepat, pilihan rumah sakit yang lebih banyak, asuransi ini jadi pilihan yang praktis. Asuransi ini biasanya berakhir saat kamu berhenti bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga : 3 Alasan Menggunakan Layanan Kesehatan Digital dalam Asuransi Kesehatan Karyawan

Asuransi Kesehatan Individu

Asuransi ini menawarkan perlindungan yang lebih personal. Kamu bisa memilih paket benefit sesuai kebutuhan, seperti perlindungan di luar negeri atau kamar rawat inap pribadi. Meskipun premi asuransi individu lebih tinggi, kamu mendapatkan fleksibilitas dan perlindungan yang lebih komprehensif dan lengkap sesuai kebutuhan kamu, tanpa harus terikat pada pekerjaan.

Tabel Perbandingan

Untuk membantu Anda melihat perbedaannya dengan lebih jelas, berikut ini adalah tabel perbandingan singkat:

KriteriaBPJS KesehatanAsuransi Kesehatan KelompokAsuransi Kesehatan Individu
PremiSangat TerjangkauTerjangkau, sebagian dibayar perusahaanLebih tinggi, dibayar penuh oleh individu
Cakupan LayananDasar (rawat inap, jalan, persalinan)Lebih luas (rawat inap, jalan, spesialis)Sangat luas (rawat inap, rawat jalan, luar negeri)
Pilihan Rumah SakitTerbatasLebih banyak, cashlessSangat banyak, bisa mencakup internasional
FleksibilitasTerbatasBergantung pada kebijakan perusahaanSangat fleksibel, sesuai kebutuhan pribadi
Masa BerlakuSeumur hidupSelama masih bekerja di perusahaanSelama premi dibayar

Kesimpulan

Memilih antara BPJS Kesehatan, asuransi kelompok, dan asuransi individu tergantung pada kebutuhan dan kondisi keuangan kamu. BPJS cocok buat kamu yang mencari perlindungan dasar dengan biaya minim, tapi ada beberapa kekurangannya. Asuransi kelompok/group cocok buat kamu yang ingin cakupan lebih luas dengan harga yang terjangkau. Sedangkan asuransi individu adalah pilihan terbaik untuk kamu yang mencari perlindungan maksimal tanpa terikat dengan pekerjaan.

Jadi, mana yang paling tepat untuk kamu? Semua tergantung pada kebutuhan dan prioritas kamu. Apakah kamu lebih mengutamakan biaya yang rendah, cakupan yang luas dari tempat kerja, atau perlindungan maksimal yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi? Bingung, butuh teman buat membantu kamu memilih asuransi mana yang tepat buat tim kamu atau perusahaan kamu? Aman solusinya!

Aman merupakan platform yang bisa membantu perusahaanmu dalam memberikan karyawan program kesehatan terpadu. Tidak terbatas pada asuransi, di Aman kamu juga bisa mendapatkan program kesehatan lain seperti medical check-up, deteksi dini penyakit, konsultasi online bersama dokter, dan pemberian vitamin ataupun suplemen. Hubungi kami di email [email protected] atau WhatsApp di +62 858-8300-8888. Gabung dengan Aman!

×  
Hubungi Kami
Nama*
Nomor Telepon*
Email Kerja* (Mohon jangan pakai email umum/pribadi seperti gmail, yahoo, hotmail, dll)
Nama Perusahaan*
Email konfirmasi telah dikirimkan. Silakan menunggu kabar kami dalam 24 jam.
Verifikasi
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Ubah Email Kerja
Mohon masukkan kode verifikasi (OTP) disini*
Belum terima kode verifikasi?120
Kami telah mengirim OTP ke email kamu. Silahkan diverifikasi.
Harap masukkan OTP yang benar